Sabtu, November 01, 2008

Penanaman Pohon di WanaMega - Sukabumi

Kanadianto: Aktivis Lingkungan Hidup

Sekarang Menanam Kelak Anak Cucu Kita Menikmati

Kewajiban kita adalah menjaga kelestarian alam dan keseimbangan alam demi kehidupan manusia dimasa depan. Masa depan bumi ini ada ditangan kita semua. Gunung, sungai dan laut seingkali menjadi korban keserakahan manusia yang tidak bertanggung jawab. Bencana datangnya karena ulah manusia semata. Keserakahan dan ketidak pedulian adalah petaka bumi. Untuk itu pada masa sekarang ini kita harus peduli terhadap pelestarian alam dan menanam pohon, kelak anak cucu kita akan menikmati.

Demikian dikatakan oleh Kanadianto, Anggota Bidang Lingkungan Hidup dan Pengabdian Masyarakat Departemen LH DPP PDI Perjuangan kepada Tenar saat kunjungan ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) tanggal 13 Agustus 2008.

Menurutnya, penanaman pohon ini merupakan kepedulian PDI Perjuangan terhadap perlunya pelestarian lingkungan berwawasan jangka panjang yang diwujudkan dalam kerjasama dengan Balai Besar TNGP dan Conservation International Indonesia (CII) dalam program adopsi pohon.

Pada areal seluas 10 hektar telah ditaman berbagai jenis pohon kayu dan pohon buah sebanyak 4.000 pohon. Penanaman pohon terakhir dilakukan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj Megawati Soekarnoputri dan jajaran DPP lainnya. Pekerjaan ini telah dimulai sejak 6 bulan sebelumnya, diawali dengan selamatan kecil, pembuatan larikan & lobang tanam dan penanaman bibit.

Program ini adalah kerjasama antara PDI Perjuangan, Conservation International Indonesia dan Taman Nasional Gede Pangrango. Inilah bukti lain bahwa PDI Perjuangan mempunyai perhatian khusus terhadap lingkungan hidup. Langkah positif yang dilakukan PDI Perjuangan ini dapat menjadi contoh serta dapat diikuti oleh masyarakat luas, sehingga musibah banjir yang selama ini menjadi kejadian rutin di wilayah Jakartansebagai akibat rusaknya daerah resapan air di kawasan hulu sungai dan daerah tangkapan air dapat teratasi

Penanaman tersebut dilakukan di blok 10 dan kemudian secara resmi disebut WANAMEGA.
Merdeka!!! (Leo - Tenar - edisi IX th II/Spt 2008)


Tidak ada komentar: